Uncategorized

3 Cara Cek Kuota Indosat dan Masa Aktif Kartu, Tanpa Bikin Repot

Liputan6.com, Jakarta Provider operator seluler di Indonesia kini berusaha membuat penggunanya senyaman mungkin agar tetap setia menggunakan operator seluler pilihan mereka.

Sehingga tidak diragukan lagi jika berbagai fasilitas paket telepon, sms, maupun internet sekarang ini rasanya sudah menjadi kewajiban yang ditawarkan tiap provider operator seluler mengingat komunikasi adalah suatu hal yang umum dilakukan manusia.

Tak hanya fasilitas paket yang beragam, provider operator seluler juga mulai memperluas jangkauan jaringan mereka, tak terkecuali perusahaan Indosat Ooredoo yang kini merambah jaringan 4G plus guna memberikan kepuasan maksimal untuk pelanggannya.

Dengan demikian, internet yang menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat Indonesia kini pun dipermudah dengan adanya jaringan 4G plus dari Indosat.

Ditambah, makin bertumbuhnya infrastruktur telekomunikasi, makin tercakup juga masyarakat akan akses internet. Saat ini pun harga smartphone sudah relatif terjangkau, sehingga hampir tiap individu pasti memiliki gawai modern ini.

Berbicara mengenai komunikasi, Indosat menawarkan deretan jenis paket kuota telepon, sms, dan internet sesuai dengan kebutuhan dan kantong Anda.

Paket kuota inilah yang jadi senjata untuk tetap terhubung dengan keluarga dan kolega, berselancar di dunia maya, atau untuk berjejaring di media sosial.

Namun, tidak jarang sebagian besar orang seringkali terlena dan lepas kontrol akan penggunaan paket kuota, sehingga tahu-tahu jumlah kuota sudah terpangkas banyak atau bahkan pulsa Anda yang tersedot karena ternyata kuota sudah habis terpakai.

Untuk itu, memeriksa kuota secara berkala adalah langkah paling tepat dalam menjaga sisa kuota tetap ‘aman’, sehingga bisa menggunakannya sehemat mungkin, serta untuk mencegah kantong bocor.

Liputan6.com punya beberapa cara cek kuota Indosat, baik kuota telepon, sms, maupun internet, agar Anda bisa selalu memonitor dengan mudah.

Ada 3 cara cek kuota Indosat yang dapat Anda praktikkan di rumah. Tiap cara cek kuota Indosat memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi Anda bisa memilihnya sesuai selera.

Berikut adalah 3 cara cek kuota Indosat lengkap dengan masa aktif kartu yang khusus dirangkum Liputan6.com, Rabu (23/1/2019) bagi Anda pengguna Indosat di seluruh Indonesia.

2 dari 2 halaman

3 Cara cek kuota Indosat dengan mudah

1. Cek Kuota Indosat lewat SMS

Cara pertama memeriksa kuota Indosat adalah dengan melalui SMS. Namun, Anda tidak memerlukan pulsa untuk mengirim sms ini alias gratis.

Cukup ketik USAGE lalu kirim ke 363. Maka akan muncul informasi lengkap jenis paket yang Anda gunakan serta rincian sisa kuota yang Anda miliki.

Kelebihan menggunakan cara pertama ini adalah Anda tidak perlu mengeluarkan pulsa untuk mengetahui status kuota Anda.

Cara ini merupakan cara paling mudah yang bisa Anda coba di rumah. Namun, sayangnya Anda tidak bisa memeriksa masa aktif kartu Anda menggunakan cara ini.

2. Cek Kuota Indosat lewat Dial USSD

Cara cek kuota Indosat yang kedua adalah dengan dial nomor. Cara ini juga tidak akan menyedot pulsa Anda karena Anda hanya cukup dial nomor *363# atau *123#.

Kemudian akan muncul beberapa opsi. Pilih opsi nomor 7 yaitu INFO dengan cara mengetik 7 lalu tekan ‘send’.

Setelah itu, Anda bisa memilih opsi cek kuota yaitu nomor 1 dengan cara yang sama. Lalu anda bisa memilih paket apa yang ingin Anda periksa kuotanya.

Kelebihan menggunakan cara ini adalah Anda hanya perlu dial nomor sama seperti saat melakukan panggilan. Selain itu, Anda tidak perlu mengeluarkan pulsa untuk dapat mengetahui status kuota.

Anda juga bisa sekaligus memeriksa masa aktif kartu menggunakan cara ini. Namun, cara ini disinyalir memakan waktu yang lama karena Anda harus sabar menunggu opsi-opsi selanjutnya untuk muncul.

3. Cek Kuota Indosat lewat Aplikasi MyIM3

Cara ini cukup berbeda dengan 2 cara sebelumnya. Untuk cara cek kuota Indosat lewat Aplikasi MyIM3, Anda perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu di playstore. Setelah selesai menginstal, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah buka aplikasi tersebut lalu pilih bahasa.

Terdapat dua pilihan bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.Selanjutnya, Anda akan dimintai izin untuk akses penggunaan VPN, maka Anda tekan tombol ‘mengerti’.

Lalu akan muncul opsi Data Saving Mode dan Anda tekan Continue lalu Ok. Kemudian, ketika diminta untuk mengakses lokasi, tekan ‘mengerti’ dan ‘izinkan’.

Begitu juga dengan akses telepon dan sms. Baru setelah itu Anda bisa login nomor hp Anda beserta kode verifikasi yang akan dikirim ke nomor Anda.

Lalu akan muncul tampilan beranda Aplikasi MyIM3 lengkap dengan fitur untuk mengecek kuota Anda. Bahkan, dengan aplikasi ini Anda juga bisa mengetahui masa aktif kartu, bisa isi pulsa, membeli paket lain, memeriksa informasi tagihan, dan menemukan lokasi Outlet Indosat.

Kelebihan menggunakan cara cek kuota Indosat yang ke-tiga ini adalah Anda bisa dengan mudah mengecek kuota Anda tanpa harus dial nomor seperti cara kedua.

Namun, jika Anda belum memiliki aplikasi ini, artinya Anda harus mengunduh terlebih dahulu di Playstore maupun Appstore. Selain itu, Anda harus memastikan memiliki sambungan internet karena aplikasi MyIM3 tidak akan bisa berjalan tanpa sambungan internet.

Reporter: Yunisda Dwi Saputri

Tags: , , , , , , , ,