Uncategorized

5 Cara Cegah Smartphone Android Tidak Cepat Panas

Liputan6.com, Jakarta – Salah satu permasalahan yang mempengaruhi usia smartphone Android adalah suhu yang terlalu panas. Selain dapat merusak smartphone, suhu perangkat yang terlalu tinggi jelas akan membuat pengguna tidak nyaman.

Sebenarnya, ada beberapa alasan suhu smartphone tiba-tiba meningkat tinggi. Beberapa di antaranya adalah durasi penggunaan yang terlalu lama atau faktor lingkungan sekitar.

Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk membuat suhu smartphone Android lebih stabil dan tidak terlalu panas. Seperti apa caranya?

Berikut ini ada beberapa tips mudah untuk menjamin suhu smartphone-mu tetap dingin seperti dikutip dari Make Use Of, Rabu (23/1/2019).

1. Cek Baterai dan Kabel Charger

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi suhu smartphone Android memanas adalah kondisi baterai yang kurang baik. Oleh sebab itu, pastikan untuk menjaga kondisi bateraimu.

Cara mudah untuk melakukannya adalah mengisi daya baterai mencapai 80 hingga 90 persen secara berkala, tidak perlu mencapai 100 persen.

Selain itu, kamu dapat melakukan pengecekan charger baik port maupun kabel. Jika dirasa ada yang bermasalah, ada baiknya melakukan penggantian komponen. Namun perlu diingat untuk menggantinya dengan komponen asli.

2 dari 3 halaman

2. Setop Penggunaan Kamera yang Berlebihan

Tampilan smartphone yang menjalankan Android Stock (sumber: Android Pit)

Smartphone dengan kemampuan perekaman video berkualitas tinggi merupakan salah satu faktor penyebab suhu menjadi panas.

Meski tidak selalu terjadi, ada beberapa faktor yang membuat suhu smartphone cepat panas, seperti resolusi dan kecerahan layar.

Oleh sebab itu, saat merekam video berkualitas tinggi dengan smartphone ada baiknya diberi jeda. Biasanya, durasi yang masih masuk dalam waktu wajar perekamanan adalah 20 menit.

3. Cek Kemungkinan Adanya Malware

Malware di sistem operasi Android dapat menjadi biang penyebab perangkat cepat panas. Karenanya, penggunaan smartphone-mu normal tapi suhu tetap tinggi, pertimbangkan untuk mengecek keberadaan malware.

Biasanya, kamu dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek keberadaan malware. Cara lain yang dapat dilakukan adalah mengecek keberadaan aplikasi asing yang tidak pernah kamu unduh sebelumnya.

3 dari 3 halaman

4. Lihat Aplikasi yang Berjalan di Background

S3, smartphone Android One perdana besutan Sharp. Foto: The Verge

Tak jarang, aplikasi yang berjalan di background juga dapat menjadi penyebab smartphone-mu cepat panas. Alasannya, aplikasi tersebut dapat saja tetap menjalankan CPU, Wi-Fi, dan internet meski tidak dibuka.

Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan mematikan penggunaan data di background. Buka Settings, Apps & notifications, All Apps dan pilih aplikasi yang ingin kamu setop aktivitasnya.

Setelah itu, pilih Data Usage untuk mengetahui aktivitasnya dan matikan opsi Background data untuk menghentikan akses internet yang diberikan.

5. Penggunaan Casing

Kadang kala, penggunaan casing juga menjadi penyebab smartphone-mu menjadi cepat panas. Hal ini dapat terjadi karena casing membuat panas di smartphone tetap mengendap dan tidak dapat dibuang keluar.

Untuk itu, saat suhu smartphone sudah mulai terasa panas, kamu sebaiknya melepas casing agar udara panas dapat tersalurkan dengan baik.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Tags: , , , , , , , ,