Uncategorized

5 Tips Melindungi HP Saat Musim Hujan Agar Tetap Aman

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim hujan, bukan menjadi penghalang untuk berkegiatan di luar ruangan. Bagi pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran, mau tidak mau harus berangkat beraktivitas menjalankan kegiatan tersebut.

Namun, seringkali berangkat keluar dari rumah saat hujan menjadi pantangan serta tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, ada beberapa hal yang perlu diselamatkan saat melewati hujan. Salah satu benda yang diutamakan keselamatannya adalah hp atau smartphone. Yup, menjadi barang yang wajib dibawa dan berharga, keamanan dan keselamatan gadget satu ini sangat penting di segala tempat dan kondisi.

Begitu juga saat hujan datang. Anda harus sigap menyelamatkan hp kesayanganmu Anda agar tidak terkena air hujan. Nah, agar Anda tetap bisa berkegiatan saat hujan turun, dan smartphonemu tetap selamat, berikut Liputan6.com, ulas tips melindungi smartphone saat musim hujan sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/1/2019).

2 dari 3 halaman

Tips aman pakai gadget saat musim hujan

1. Tidak Menggunakan Gadget Saat Hujan Turun

Agar HP Anda tetap aman saat hujan turun, hal yang perlu Anda lakukan adalah tidak memainkan atau menggunakannya saat hujan turun. Walaupun Anda sedang berteduh atau menggunakan payung, sinyal pada hp dapat menjadi media penghantar listrik yang menyebabkan Anda terkena sambaran petir.

Begitu juga saat Anda sedang mengisi daya ponsel waktu hujan turun. Saat musim hujan, menggunakan hp sambil melakukan pengisian daya bisa mengundang petir untuk mendekat. Jadi, ada baiknya Anda mengisi data baterai dalam keadaan mati dan melepas adaptornya begitu baterai terisi penuh.

2. Jangan Simpan Gadget di Saku

Menyimpan hp di kantong baju atau kantong celana saat hujan, sama saja dengan ingin merusak gadget Anda secara perlahan. Menaruh hp di kantong tidak aman, karena air hujan bisa saja masuk lewat bagian atas saku atau merembes ke permukaan kain dan akan membasahi ponsel Anda.

3. Simpan di Bagian Tengah Tas

Kalau ingin menyimpan hp di tas, pastikan untuk tidak menyimpannya di bagian samping, atas, atau bawah tas. Tempat yang baik unutk menyimpannya adalah pada bagian tengah tas, di sela-sela benda lain yang ada di dalam tas.

Hal ini dilakukan untuk membentengi hp dari kemungkinan air hujan yang merembes ke dalam tas. Kalau tas Anda tergolong tipis dan tidak tahan air, tips ini sangat dianjurkan.

3 dari 3 halaman

Gunakan perlindungan ekstra

4. Menggunakan Casing Waterproof

Lindungi ponsel Anda dengan menggunakan casing tahan air, agar dapat digunakan kapan pun. Namun pastikan hp Anda terlindungi secara keseluruhan, termasuk bagian layar serta lubang charger dan earphone.

Namun, kalau Anda tidak suka menggunakan casing, sebagai alternatif Anda bisa melindungi hp dengan plastik ziplock. Plastik ini bisa digunakan saat hp sedang tidak dipakai, karena plastik biasa ini cukup membuat layar gadget kurang responsif.

5. Sigap Saat Terkena Air

Kalau hp Anda sudah terlanjur kena air hujan, segera lakukan tindakan penyelamatan. Langkah pertama, cabut baterai untuk mencegah konslet. Kemudian timbun semua komponen hp Anda dengan beras.

Beras membantu menyerap cairan agar hp cepat kering. Cukup diamkan semalaman, lalu lap dengan kain bersih. Tunggu beberapa jam untuk memastikan semua komponen mengering sempurna, setelah itu coba aktifkan.

Tags: , , , , , , , ,