Uncategorized

7 Cara Download Video YouTube Lewat Laptop atau Komputer Tanpa Aplikasi

Liputan6.com, Jakarta Menonton video di YouTube menjadi alternatif banyak orang untuk menghabiskan waktu luang. Selain itu, menonton video juga dapat menghibur hati yang sedang galau.

YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video.

Perusahaan yang berkantor pusat di San Bruno, California, ini menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik.

Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.

YouTube memang menjadi pilihan banyak orang karena banyaknya video yang tersedia serta kategori video yang bisa diatur sedemikian rupa. Lalu, tidak heran jika kuota internet tiba-tiba habis karena saking asyiknya mengakses video-video di YouTube.

Karena alasan itu, sebagian orang memilih untuk download video YouTube karena dianggap lebih hemat kuota dan bisa ditonton berulang-ulang.

Namun, tidak sedikit orang yang belum tahu cara download video YouTube karena mereka terbiasa menonton video secara online. Padahal, banyak cara untuk mendownload video yang bisa dilakukan tanpa bikin repot, lho.

Untuk itu, agar hemat kuota dan bisa ditonton berulang-ulang, sebaiknya download atau unduh video kesukaan yang bisa disimpan di laptop atau komputer di rumah.

Selengkapnya, berikut Liputan6.com, Senin (28/1/2019) paparkan langkah-langkah cara download video YouTube lewat laptop atau komputer tanpa aplikasi yang bisa mulai dicoba di rumah.

2 dari 8 halaman

1. SaveFrom.net

Sebelum memulai cara yang pertama ini, pastikan kamu telah memiliki Internet Download Manager (IDM) yang digunakan sebagai alat untuk mendownload video di laptop atau komputer. Namun, jika tidak punya, kamu tetap bisa mendownload video tanpa aplikasi ini.

Cara download video YouTube yang pertama ini sangatlah mudah. Caranya, buka link video yang ingin kamu download.

Kemudian, pada link tersebut tambahkan ‘ss’ tepat di depan tulisan YouTube sehingga linknya menjadi ssYouTube. Setelah itu akan muncul halaman baru yang merupakan tampilan situs SaveFrom.net.

Nah, selanjutnya kamu perlu klik tulisan ‘Download without installation’ terlebih dahulu agar kamu tidak usah mendownload aplikasinya.

Sayangnya, jika kamu menggunakan cara ini, kamu hanya akan mendapatkan kualitas video berukuran 360p. Namun tidak menutup kemungkinan jika video yang kamu inginkan mengizinkan untuk di-download dalam ukuran 720p.

3 dari 8 halaman

2. Lilsubs.com

Cara download video YouTube yang kedua ini berbeda dengan cara pertama. Caranya, siapkan link video yang ingin kamu download, lalu buka lilsubs.com yang nantinya digunakan untuk menempelkan link yang sudah kamu copy.

Setelah terbuka, tempelkan link yang sudah dicopy ke dalam kolom lalu klik download. Alhasil, kamu dapat langsung mendownload video dengan ukuran sesuai selera.

Selain mendownload video, kamu juga dapat mendownload subtitle melalui situs Lilsubs.com ini.

4 dari 8 halaman

3. Vidpaw.com

Cara download selanjutnya adalah melalui situs vidpaw.com yang memerlukan langkah hampir sama dengan situs lilsubs.com yaitu dengan menempelkan link video yang sudah dicopy ke dalam kolom download.

Selain mendownload video, kamu juga bisa mendownload format audionya juga, lho. Jadi, kamu tidak perlu susah-susah mengkonversi video kamu menjadi audio.

5 dari 8 halaman

4. Tubeninja.net

Seperti kedua cara download sebelumnya, melalui situs tubeninja.net, tempelkan link video yang sudah di-copy ke dalam kolom download lalu klik download.

Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui ukuran file video yang akan kamu download sehingga kamu dapat memilih apakah ingin mendownload file yang besar atau yang kecil saja.

6 dari 8 halaman

5. Dredown.com/YouTube

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka situs dredown.com kemudian klik logo YouTube karena kamu akan mendownload video dari YouTube.

Setelah itu, tempelkan link video yang ingin kamu download lalu klik dredown. Dredown.com memungkinkan kamu untuk mendapat pilihan berbagai ukuran video.

Sayangnya, situs ini menghadirkan terlalu banyak iklan yang muncul di tab baru hingga jendela baru yang cukup mengganggu aktivitas downloadmu.

7 dari 8 halaman

6. y2mate.com

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan cara ini lho. Melalui situs y2mate.com, kamu bisa download video sepuasnya dan menontonnya berulang-ulang hingga bosan.

Caranya sama seperti cara download video kebanyakan yaitu dengan menempelkan link video yang ingin didownload ke dalam kolom download.

Biasanya, tanpa perlu klik tombol start, daftar pilihan ukuran video akan muncul dengan sendirinya.

8 dari 8 halaman

7. Add-ons Easy YouTube Video Downloader Express

Cara yang terakhir ini berbeda dengan cara-cara sebelumnya karena kali ini kamu menggunakan add-ons bernama Easy YouTube Video Downloader Express yang disediakan oleh tiap browser.

Cara download menggunakan add-ons ini juga sangat mudah. Pertama, ketik kata kunci ke dalam pencarian add-ons.

Setelah ketemu, klik add-ons tersebut hingga muncul halaman baru.Setelah itu, klik ‘add to firefox’ untuk menambahkan add-ons tersebut pada browser firefox.

Untuk mengetahui apakah add-ons ini sudah terpasang, caranya adalah melalui menu Extensions yang terdapat dalam menu add-ons.

Di sana, kamu akan menemukan apakah Easy YouTube Video Downloader Express sudah terpasang atau belum.

Jika sudah, kamu dapat membuka situs YouTube untuk memilih video yang ingin didownload. Dengan cara ini, kamu tidak perlu meng-copy link video untuk ditempel karena di bawah video, kamu akan menemukan tombol yang digunakan untuk men-download video pilihanmu.

Tags: , , , , , , , ,