Uncategorized

Ahok Bebas, Tagar Welcome Back BTP Menggaung di Lini Masa

Liputan6.com, Jakarta – Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akhirnya akan bebas pada hari ini, Kamis (24/1/2019).

Ahok bebas setelah menjalani hukuman 1 tahun 8 bulan 15 hari atas kasus penodaan agama soal pernyataan Surat Al-Maidah 51.

Bebasnya mantan Gubernur DKI Jakarta ini ternyata sudah menjadi topik besar di media sosial.

Pantauan Tekno Liputan6.com, di Twitter, Ahok menjadi perbincangan hangat.

Terbukti, tagar Welcome Back BTP (#WelcomeBackBTP) memuncaki daftar teratas trending topic di Indonesia. Selain itu, tagar lain seperti #BTPPulang dan #AhokBebas juga menduduki daftar trending topic.

Kebanyakan twit dari warganet, memberikan ucapan selamat datang kembali kepada Ahok karena bisa menghirup udara bebas setelah mendekam di dalam jeruji besi selama lebih dari satu tahun.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa intip rangkuman twit Welcome Back BTP dari warganet di bawah ini.

2 dari 3 halaman

Ahok Banjir Kiriman Makanan Selama di Penjara, Salah Satunya dari Megawati

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memasuki ruang sidang Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara, Selasa (20/12). Sidang kedua Ahok mengagendakan jawaban Jaksa Penuntut Umum terhadap eksepsi yang disampaikan pada sidang pertama. (Liputan6.com/Pool/Agung Rajasa)

Dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tetap mengalir meski ia mendekam di dalam penjara. Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengungkap, setiap hari ada saja makanan yang dikirimkan untuk Ahok.

“Selalu ada yang kirim makanan, nah itu dia bagi-bagikan ke teman-teman tahanan lain juga,” kata Djarot di kawasan Kemang, Rabu (23/1/2019).

Selain warga dan keluarga, rupanya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri juga kerap memberikan bingkisan kepada Ahok selama mendekam di Mako Brimob.

“Dan Ibu Mega diam-diam ngirim makanan-makanan kecil seperti kue-kue (ke Ahok),” ujarnya.

Kepada Djarot, Ahok bercerita memiliki kedekatan dengan Mega. Tak heran Mega tetap perhatian dan mengirimkan makanan ke Ahok. Bahkan, Ahok telah menganggap Mega seperti ibunya sendiri.

“Dia anggap Bu Mega kaya ibunya sendiri. Selama ini kan usianya sama kaya mama saya,” kata Djarot meniru ucapan Ahok.

Meski demikian, Djarot mengatakan Megawati tidak pernah menjenguk Ahok langsung.

3 dari 3 halaman

Dekat Sejak Lama

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melihat ke arah fotografer sesaat sebelum menjalani sidang perdana kasus dugaan penistaan agama di PN Jakarta Utara, Selasa (13/12). Sidang hari ini beragenda pembacaan surat dakwaan dari tim JPU. (TATAN SYUFLANA/POOL/AFP)

Djarot juga menyatakan, Ahok memiliki kedekatan kepada PDI Perjuangan sejak lama jauh sebelum berkiprah di Jakarta.

Dahulu Ahok pernah ditawari suami Megawati, Almarhum Taufik Kiemas, untuk bergabung dengan partai berlambang banteng itu.

“Pak Ahok sebetulnya sudah lama mau masuk PDIP sejak di Belitung Timur. Inget enggak? Ditawarin Pak Taufik, artinya kedekatan sudah lama,” tambahnya.

Adanya kedekatan itu, Djarot menilai tak heran Ahok menyampaikan keinginannya masuk menjadi anggota PDIP.

“Sudah lama Beliau bilang ingin (masuk PDIP),” Djarot memungkasi.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Tags: , , , , , , , ,