Uncategorized

Cara Membuat Jaringan 4G Sendiri di Android Kamu

Liputan6.com, Jakarta Semakin berkembangnya teknologi internet, maka semakin berlomba-lomba pula brand-brand dari ponsel pintar untuk mengeluarkan jenis ponsel terbaru.

Tentu saja ponsel yang dikeluarkan didukung oleh kinerja dan juga kecepatan ponsel dalam mengakses internet. Saat ini di Indonesia pun telah banyak ponsel yang menggunakan jaringan 4G LTE sebagai pendukung internet di ponsel.

Apalagi banyak juga vendor yang meluncurkan ponsel terbaru dengan harga yang dapat dijangkau oleh banyak kalangan.

Meskipun banyak vendor yang meluncurkan ponsel terbaru yang didukung oleh jaringan internet 4G LTE, akan tetapi masih ada pula yang memakai ponsel yang hanya mendukung sinyal 3G HSDPA / H+.

Tentu saja dibandingkan dengan sinyal 3G, sinyal dari 4G ini lebih cepat untuk mengkases ke internet. Pernahkah kamu berpikir cara membuat jaringan 4G sendiri pada ponsel yang masih berada di jaringan 3G?

Lalu apakah ponsel yang masih menggunakan jaringan internet 3G ini dapat diubah menjadi jaringan 4G? dan bagaimana cara membuat jaringan 4G sendiri?

Namun, sebelum kamu mengetahui cara membuat jaringan 4G sendiri, kamu perlu memastikan beberapa poin sebelum membuat jaringan 4G. Pastikan bahwa jaringan 4G pada provider yang kamu gunakan telah tersedia di tempat tinggal kamu.

Selain itu kamu juga sebaiknya telah menggunakan ponsel yang mendukung adanya jaringan 4G tentu saja hal ini akan membantu kamu memakai jaringan 4G saat sudah diaktifkan.

Tentu saja untuk membuat jaringan Selain itu dalam prosesnya sinyal pada android kamu akan hilang sementara untuk melakukan penyesuaian.

Cara membuat jaringan 4G sendiri kamu bisa lakukan di pengaturan ponsel android kamu. Berikut ini cara membuat jaringan 4G sendiri yang bisa kamu gunakan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com Selasa (29/1/2019) dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Cara membuat jaringan 4G sendiri

1. Masuk pada menu Pengaturan kemudian pilih menu More atau Lainnya, selanjutnya pilih Mobile Network pada ponsel kamu. Atau kamu bisa juga memilih pada wireless and network setelah menu More atau Lainnya.

2. Pilih menu Preferred Network Type setelah kamu memilih Mobile Network untuk membuat jaringan 4G sendiri. Preffered network ini sendiri dapat dikondisikan sesuai dengan signal provider. Kamu bisa melihat bagaimana kekuatan sinyal di pengaturan preffered network ini.

3. Beri tanda atau aktifkan di WCDMA Only atau WCDMA Preffered atau bisa juga kamu memilih 4G LTE pada pilihan di ponsel kamu.

4. Tunggu beberapa menit untuk proses penyesuain sinyal.

Setelah sinyal 4G muncul pada ponsel, kamu bisa menikmati sinyal 4G di ponsel kamu. Tentunya dibandingkan dengan jaringan 3G, jaringan 4G memiliki kecepatan yang lebih tinggi dan lancer.

Namun belum semua lokasi di Indonesia mendukung adanya sinyal 4G ini. Dan menggunakan jaringan 4G ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dan berikut ini kelebihan serta kekurangan jaringan 4G yang perlu kamu ketahui dalam rangkuman Liputan6.com Selasa (29/1/2019) yang diambil dari berbagai sumber.

3 dari 4 halaman

Kelebihan jaringan 4G

1. Memiliki kecepatan upload hingga 75 Mbps dan download 300 Mbps. Ini adalah salah satu kelebihan dari jaringan internet 4G LTE dimana kamu bisa mengakses internet hingga kesepatan 300 Mbps yang tentu sajaa saat sinyal sangat mendukung.

2. Streaming tanpa buffering. Selain kecepatan untuk mendownload dan juga upload yang cukup tinggi, saat kamu melakukan streaming pun kamu bisa meminimalisir adanya gangguan.

Gangguan yang terjadi pada jaringan 4G ini sangat minim sehingga kamu bisa lebih cepat untuk streaming dan tak perlu menunggu lama pada saat buffering terjadi. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan streming dengan nyaman baik itu audio maupun video.

3. Internet yang cepat. Karena kecepatan upload dan download yang tinggi tentu saja hal ini akan membuat kamu bermain internet dengan lancer.

Kamu tak perlu waktu lama saat bermain internet. Baik itu saat melakukan browsing, bermain media sosial ataupun saat streaming. Hal ini tentu saja berbeda dengan jaringan 3G.

4. Melakukan video call dengan lancar. Dengan jaringan 4G kamu bisa melakukan panggilan video atau video call dengan lancar. Hal ini tentu saja sangat kamu butuhkan jika ingin menghubungi seseorang.

Banyak aplikasi-aplikasi yang mendukung adanya video call ini, sehingga dengan adanya jaringan internet 4G ini membuat kamu mudah untuk bertegur sapa dengan seseorang.

Selain itu apabila provider yang kamu gunakan sangat mendukung adanya sinyal 4G tentu video call yang kamu lakukan tak akan menemui hambatan.

4 dari 4 halaman

Kekurangan jaringan 4G

Selain adanya kelebihan, dalam jaringan 4G ini tentu saja ada kekurangan ataupun kendala yang dialami.

1. Lokasi 4G masih terbatas. Terbatasnya lokasi untuk jaringan 4G ini tentu saja dapat menghambat segala aktivitas kamu. bahkan di beberapa wilayah pun masih ada yang belum tersentuh oleh internet.

2. Jaringan tidak stabil. Jaringan 4G ini masih bisa tergolong baru, sehingga tidak semua lokasi memiliki kualitas sinyal yang sama kuat. Bahkan jaringan 4G ini cenderung kurang stabil saat kamu melakukan perjalanan.

Tags: , , , , , , , ,