Uncategorized

Cara Mengaktifkan 4G Samsung dan iPhone, Serta Cara Mengunci Jaringan

Liputan6.com, Jakarta Di zaman digital seperti sekarang ini internet menjadi hal paling utama untuk memenuhi kebutuhan akan informasi. Bagi kamu yang sudah ketergantungan dengan gadget, tentu saja sering mengomel-ngomel dan sedih luar biasa ketika berada di daerah yang sangat susah sinyal.

Mungkin kamu sering emosi ketika jaringan internet yang digunakan sering menampilkan sinyal 3G atau H+ dibandingkan dengan jaringan 4G. Hal ini tentu saja bisa disebabkan karena tidak adanya sinyal atau penguat sinyal di lokasi kamu atau bahkan ponselmu belum ter-setting jaringan 4G.

Kadang-kadang bingung juga kalau kamu bukan tipe orang yang tak begitu paham bagaimana mengutak-atik ponsel. Salah-salah, malah ponselmu bisa berujung rusak dan harus mengeluarkan biaya lagi untuk memperbaikinya.

Daripada bingung, ada baiknya kamu membaca artikel ini. Di artikel ini, kamu bisa mencoba untuk mengaktifkan 4G. Berikut cara mengaktifkan 4G yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/1/2019).

2 dari 5 halaman

Cara Mengaktifkan 4G di Android

Ilustrasi smartphone Android. (Doc: Tech Radar)

1. Cara mengaktifkan 4G kamu bisa buka Setting/Pengaturan dan kemudian kamu bisa pilih bagian Cellular Data. Di dalam menu itu umumnya kamu akan ditampilkan pilihan jenis jaringan yang dapat kamu pilih.

2. Kemudian pilihlah jaringan LTE atau 4G, ataupun kamu bisa pilih pilihan otomatis, sehingga ketika kamu sedang berada di wilayah yang tidak tercover jaringan 4G LTE ponselmu secara otomatis akan mengubah pengaturan sehingga kamu tetap bisa berkomunikasi.

3. Cara mengaktifkan 4G dengan cara manual dengan melakukan pengaturan jaringan. Pada bagian Dial Pad cukup mengetikkan *#*#4636#*#*. Di sana kamu bisa pilih bagian info telepon dan kamu cukup pilih LTE Only di kolom jenis jaringan. Jika keluar kamu akan langsung menggunakan jaringan 4G LTE.

3 dari 5 halaman

Cara Mengaktifkan 4G di iPhone

Ilustrasi iPhone (Sumber: Apple)

1. Cara mengaktifkan 4G tentunya jika kamu telah memenuhi syarat-syarat utama aktivasi jaringan 4G, maka kamu bisa langsung membuka Setting dan segera masuk ke menu Cellular dilanjutkan ke bagian Data Cellular dan kemudian pilihlah bagian Sound & Data.

2. Setelah kamu masuk ke menu tersebut, kamu bisa dengan mudah pilih tulisan 4G. Setelah itu kamu bisa tunggu beberapa saat. Ikon 4G akan segera muncul menggantikan ikon 3G di pojok kiri atas.

4 dari 5 halaman

Cara Mengaktifkan 4G di Samsung

Ilustrasi Samsung Galaxy S8 (sumber: Unshplash)

Buat kamu yang baru membeli ponsel Samsung dalam beberapa bulan terakhir mungkin tidak menemukan masalah permigrasian ini, karena biasanya di awal membeli kamu sudah akan secara otomatis diberikan pengaturan untuk menggunakan jaringan 4G LTE.

Apalagi bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, ataupun Bali misalnya.

Cara Mengaktifkan 4G masuk ke menu Dial dan ketiklah *#2263# tanpa harus menekan tombol call. Biasanya akan segera muncul menu secara otomatis yang di dalamnya kamu bisa memilih menu LTE Band.

5 dari 5 halaman

Cara Mengunci Jaringan 4G

Editor Says: Sulitnya Lepas dari Ponsel (via lemonadestand)

1. Manual

• Cara pertama adalah dengan mengetik *#*#4636#*#*. Seketika akan muncul tiga menu, yakni Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information.

• Pilih Device Information, lalu akan tampil berbagai informasi tentang perangkat kamu, mulai dari nomor IMEI, kekuatan sinyal, jaringan yang saat ini digunakan, dan lain-lain.

• Scroll layar ke bawah, cari Set preferred network type. Pilih LTE only.

• Selesai, sekarang smartphone kamu hanya akan menerima jaringan 4G. Selanjutnya ketuk tombol Home untuk kembali layar utama.

2. Menggunakan Aplikasi

Di Google Play Store ada beberapa aplikasi dengan fungsi seperti itu. Salah satu aplikasi yang rekomendasikan adalah 4G Switcher (4G LTE Switch). Jadi, ketika kamu membuka aplikasi ini, kamu akan langsung mendapati menu Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information.

Namun perlu diperhatikan, trik mengunci jaringan 4G hanya berlaku untuk kartu SIM 1. Oleh sebab itu, pastikan kartu SIM operator yang kamu gunakan, terpasang di slot 1.

Kelemahan lainnya adalah setiap kali smartphone mati atau restart, setelan ini akan berubah seperti semula. Dua hal lain yang juga patut kamu perhatikan adalah area sekitar kamu harussudah terselimuti jaringan 4G dari operator yang kamu gunakan dan mungkin saja tidak semua merek smartphone Android bisa melakukan trik ini.

Tags: , , , , , , , ,