Uncategorized

Cara Mengubah Word ke PDF, Via Online Atau Offline yang Simpel dan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Sebagai mahasiswa tentunya memang tidak pernah lepas dari yang sesuatu yang namanya tugas. Meski terkadang tugas dari dosen itu memberatkan dan tanpa henti, namun bukan tanpa alasan. Ya, dosen memberikan segudang tugas ternyata memiliki tujuan yakni agar ilmu yang kamu dapatkan lebih terserap secara maksimal.

Terkadang semua tugas ada yang harus ditulis tangan atau diketik menggunakan laptop maupun komputer. Biasanya tugas akan diketik melalui Microsoft Word. Microsoft Word adalah program pengolah kata terpopuler sampai sekarang dan mulai versi 2010, program ini memiliki dukungan untuk melakukkan konversi file dari format DOC ke PDF.

Tidak jarang tugas yang sering dikerjakan diminta untuk dijadikan ke format PDF. Bagi kamu pengguna MS Office 2010 ke atas tentu akan terasa lebih mudah menyimpan Word ke PDF karena sudah ada fitur yang secara otomatis mengubahnya.

Namun, bagi yang menggunakan MS Office 2007 harus menggunakan beberapa cara. Berikut beberapa cara mengubah Word ke PDF yang mudah seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/1/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Mengubah Word ke PDF via Online

Ilustrasi komputer (pixabay.com)

Jika ingin mencoba mengubah Word ke PDF secara online, kamu dapat menggunakan Google Drive. Google Drive sendiri adalah layanan penyimpanan cloud dari Google yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai file seperti gambar, video, dan termasuk juga dokumen.

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, Google Drive juga berfungsi untuk membuat dokumen, mengedit, sampai dengan download dokumen. Dan tentu saja, layanan penyimpanan dan editor dokumen dari Google ini juga memiliki fitur untuk mengubah file Word ke PDF.

1. Silahkan login ke drive.google.com terlebih dahulu menggunakan akun Google kamu.

2. Upload file Word yang ingin kamu ubah menjadi PDF terlebih dahulu ke Google Drive.

3. Buka file yang sudah terupload dengan melakukan double click pada file yang ingin kamu ubah formatnya. Klik Open With, kemudian pilih Google Docs. Maka file akan terbuka di tab baru dalam halaman editor Google Docs.

4. Setelah halaman dokumen terbuka, klik pada File > Download As > pilih PDF Document (.pdf).

5. Download dan simpan file PDF di folder yang kamu inginkan. Setelah itu file dengan format PDF kamu sudah siap digunakan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengubah Word ke PDF via Offline

ilustrasi komputer (Sumber: Rawpixel)

Kalau merasa agak ribet cara mengubah Word ke PDF secara online, kamu juga bisa dengan mudah mengubah Word ke PDF secara offline. Untuk cara mengubah Word ke PDF sebenarnya sangat mudah, bahkan kamu tidak perlu menggunakan software khusus untuk melakukannya.

Kamu bisa meng-convert langsung melalui Office Word. Khusus (yang versi 2007 ke atas tidak usah) pengguna Office Word 2007, terlebih dahulu kamu harus menginstal Add-in Microsoft Save as PDF or XPS.

1. Klik tab File atau logo Microsoft Office (untuk pengguna Office 2007) yang terletak di samping kiri atas.

2. Selanjutnya pilih Save As.

3. Pilih lokasi file yang kamu inginkan. Pada kolom file name, beri nama untuk file PDF kamu. Dan jangan sampai lupa, pada kolom Save as type, pilih PDF (bukan yang lain).

4. Centang opsi Open file after publishing jika kamu ingin file secara otomatis akan terbuka sesudah diconvert menjadi PDF (tidak dicentang juga tidak apa-apa).

5. Selanjutnya pilih Save. Tunggu beberapa menit untuk proses converting (semakin besar ukuran file, semakin lama).

6. File Word sudah berhasil diubah ke PDF.

4 dari 4 halaman

Cara Mengubah PDF ke Word

ilustrasi komputer (Sumber: Unsplash) / Domenico Loia

Jika tadi telah membahas cara mengubah Word ke PDF, sekarang akan melakukan kebalikannya.

1. Menggunakan pdf2doc.com

Berikut ini langkah-langkahnya:

• Buka situs PDF to Doc di URL berikut pdf2doc.com.

• Setelah masuk, pada bagian tab, kamu pilih PDF to DOC atau PDF to DOCX.

• Klik tombol UPLOAD FILES dan pilih file PDF yang akan diconvert, kamu bisa mengupload banyak file PDF untuk diconvert sekaligus.

• Tunggu proses convert sampai selesai. Kemudian download file yang sudah diconvert tadi dengan klik tombol download atau download all jika sebelumnya kamu mengunggah banyak file.

2. Menggunakan WPS Office atau Microsoft Office

Cara kedua ialah menggunakan WPS Office atau Microsoft Office, jika komputer kamu terpasang dua software tersebut. Cara untuk WPS Office sebagai berikut:

• Buka WPS Writter terlebih dahulu. Kemudian buka file PDF-nya.

• Masuk ke Menu Special Features dan Klik PDF to Word.Jika kamu pengguna Microsoft Office minimal versi 2013 caranya sama saja.

• Buka file PDF di Microsoft Office, jika muncul pop up klik OK saja dan tunggu hingga document terbuka dengan sempurna. Nah pada langkah ini, kamu sudah bisa langsung mengedit dokumen. Setelah itu kamu tinggal Save As dengan Ekstensi Word yang diinginkan, yakni doc atau docx.

3. Menggunakan Google Docs

• Masuk terlebih dahulu ke akun Google, kemudian masuk ke Google Drive.

• Upload dokumen PDF ke Google Drive dan tunggu sampai proses selesai.

• Setelah upload selesai. Klik kanan pada file PDF yang akan di convert dan pilih Open With > Google Docs.

• Mulai di sini, susunannya mungkin sudah berubah, diperbaiki saja dulu dan jangan lupa disave sebelum diconvert.

• Untuk merubah file ke Word, klik File > Download as > Microsoft Word (.docx).

Uraian di atas adalah cara mengubah PDF ke Word agar bisa diedit yang bisa kamu gunakan. Amat sangat mudah bukan? Tinggal klik-klik dan sudah jadi dalam bentuk Word dan siap kamu edit.

Tags: , , , , , , , ,