Uncategorized

Cara Pindahkan Aplikasi WhatsApp ke Kartu SD, Memori Internal Makin Luas

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp saat ini adalah salah satu layanan pesan singkat populer dengan lebih dari 900 juta pengguna di dunia. Berkat popularitasnya yang terus menanjak, WhatsApp kerap digunakan untuk menjalin komunikasi secara personal ataupun grup. Hampir di tiap smartphone, aplikasi WhatsApp selalu ada.

Tidak seperti layanan pesan singkat (SMS), WhatsApp menggunakan koneksi data (internet). Sehingga para pengguna bisa mengirim pesan secara gratis, tanpa harus menggunakan pulsa tambahan. WhatsApp tak hanya digunakan untuk bertukar pesan namun juga digunakan sebagai media bertukar foto,video, atau file lainnya.

Terkadang banyaknya file yang masuk ke WhatsApp membuat memori penyimpanan jadi penuh. Akibatnya, Anda tak dapat menginstall aplikasi baru di smartphone. Untuk mengatasi ini, biasanya Anda akan menghapus file-file yang ada pada penyimpanan WhatsApp Anda. Namun jika file-file tersebut merupakan file penting, Anda tak dapat begitu saja menghapusnya bukan?

Berikut cara pindahkan aplikasi Whatsapp ke kartu SD yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/1/2019).

2 dari 4 halaman

Menjadikan Kartu SD sebagai Penyimpanan Portable

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Cara pertama adalah dengan menjadikan kartu SD sebagai penyimpanan utama. Cara ini bertujuan agar media atau file yang Anda dapatkan melalui WhatsApp dapat tersimpan secara otomatis di kartu SD. Cara ini dapat digunakan untuk Anda pengguna Android versi 6.0 ke atas. Berikut langkah-langkahnya :

– Buka menu pengaturan pada smartphone Anda

– Cari pengaturan ‘penyimpanan’

– Pada menu ini akan terlihat kapasitas memori internal dan juga kartu SD yang terpasang pada smartphone

– Tap pada kartu SD untuk memformatnya menjadi penyimpanan internal

– Setelah masuk pada detail kartu SD, Anda akan mendapatkan pilihan untuk memformat kartu SD sebagai memori internal, artinya nanti kartu SD tersebut akan berfungsi sebagai memori internal sehingga semua data aplikasi di Android akan disimpan ke kartu SD.

– Tunggu sampai proses mengubah kartu SD menjadi memori internal selesai

– Perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus semua data yang ada di kartu memori (kartu SD), jadi sebelum melakukan langkah di atas sebaiknya Anda membackup terlebih dahulu seluruh data penting yang ada di kartu SD.

3 dari 4 halaman

Mengosongkan Penyimpanan Internal WhatsApp

Momo Challenge. (Ilustrasi: Pexels.com)

Selain cara di atas, ada satu cara lain untuk menjadikan kartu SD sebagai penyimpanan utama pada WhatsApp, namun sekali lagi, cara ini hanya dapat diterapkan pada hp Android dengan versi 6.0 ke atas, berikut caranya:

– Buka menu pengaturan pada smartphone Anda

– Pilih pengaturan pemeliharaan perangkat, lalu pilih opsi penyimpanan

– Tap ikon 3 titik pada pojok kanan atas

– Pilih opsi pindahkan ke kartu SD

– Di sini akan ada pilihan kosongkan penyimpanan internal dengan memindahkan konten jejaring sosial seperti gambar, video, suara, dan dokumen ke kartu SD. Lalu di bawahnya akan ada pilihan aplikasi apa saja yang dapat Anda kosongkan penyimpanannya

– Pilih ikon WhatsApp untuk mengosongkan penyimpanan internal

– Penyimpanan internal akan otomatis dikosongkan dan file yang ada akan otomatis terpindah ke kartu SD

4 dari 4 halaman

Memindahkan File WhatsApp Secara Manual ke SD Card

Ilustrasi WhatsApp (iStockPhoto)

Cara ini adalah satu-satunya yang dapat Anda lakukan untuk mengosongkan penyimpanan internal dari file-file WhatsApp. Berikut langkah-langkahnya:

– Buka file manager pada menu smartphone Anda

– Pilih penyimpanan internal lalu cari folder WhatsApp

– Pilih folder WhatsApp lalu pilih lagi folder media, di sini akan muncul pilihan beberapa media WhatsApp pilih folder mana yang akan Anda pindahkan, atau Anda dapat memilih keseluruhannya

– Pilih folder yang akan dipindah ke kartu SD, tekan agak lama hingga muncul pilihan pindahkan atau move

– Pilih lokasi perpindahan yaitu kartu SD. Anda boleh membuat folder baru atau memilih folder yang sudah ada pada kartu SD. Setelah menentukan lokasi, pilih opsi selesai

– File WhatsApp sudah terpindah seluruhnya ke kartuSD

Namun perlu diketahui, cara yang seperti ini tidaklah otomatis. Artinya Anda harus memindahkan file-file WhatsApp di penyimpanan Internal ke kartu SD secara berkala agar penyimpanan internal Anda tidak penuh.

Tags: , , , , , , , ,