Uncategorized

Cara Root Android Tanpa PC, Mudah Banget Tinggal Klik Langsung Berhasil

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu pernah merasa bosan dengan tampilan Android yang itu-itu saja? Ingin mengutak-atik software agar tampilan Android kamu jadi lebih enak dipandang mata? Caranya cukup mudah, bisa dengan melakukan root pada Android yang kamu punya.

Sebenarnya, apa sih root itu? Mungkin kamu pernah mendengar istilahnya. Rooting adalah proses yang memungkinkan pengguna smartphone, tablet, dan perangkat lain yang menjalankan sistem operasi Android untuk mencapai kontrol istimewa (akses penuh/superuser) sebagai administrator (dikenal sebagai ‘akses root’) dalam subsistem program Linux Android.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan mengatasi keterbatasan yang ditetapkan oleh operator dan produsen perangkat. Dengan kata lain, proses rooting Android memungkinkan pengguna untuk memacu perangkatnya menembus batas kemampuan yang ditetapkan.

Bila sukses, proses rooting memungkinkan pengguna untuk mengubah atau mengganti sistem dan pengaturan aplikasi. Bisa menjalankan aplikasi khusus yang tadinya tidak bisa dijalankan, atau bahkan mengakses program yang sebelumnya dinyatakan tidak dapat diakses oleh pengguna Android biasa.

Namun, proses rooting tergolong riskan dan membahayakan perangkat. Pasalnya, jika kamu melakukan root dapat menyebabkan garansi resmi hilang. Hal itu jika kerusakan yang terjadi selama kamu melakukan rooting, maka pihak developer tidak mau memperbaiki Android tersebut. Selain itu, melakukan root di Android, membuat lebih riskan terserang virus dan malware karena kamu sudah menghilangkan sistem keamanan yang ada.

2 dari 4 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Root

Ilustrasi Android (iStockPhoto)

Meski tidak disarankan, namun jika kamu mampu melalukan proses rooting dengan baik, maka tidak ada salahnya. Root Android bisa dilakukan dengan atau tanpa PC. Untuk kamu yang nggak mau ribet, bisa memilih root tanpa PC. Nah, bagaimana cara root Android tanpa PC?

Sebelum kamu rooting, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar proses root-mu berjalan lancar.

1. Yang paling utama pastikan handphonemu memiliki baterai yang penuh, karena proses root membutuhkan daya yang besar.

2. Koneksi internet harus stabil agar tidak terjadi crash pada file.

3. Pastikan Unknown Source (sumber tak dikenal) dalam keadaan Enable. Caranya pergi ke Pengaturan handphone, kemudian pilih Keamanan, setelah itu pilih Unknown Source dan klik Enable.

4. Tentunya kamu sudah mendownload aplikasi root di Playstore. Jangan lupa untuk pastikan model atau tipe dan versi Android yang tertera di layar aplikasi sudah sesuai dengan handphonemu. Jika tidak muncul, jangan coba-coba root Androidmu.

3 dari 4 halaman

Cara Root Android Tanpa PC

Ilustrasi

Nah jika semua sudah siap, berikut cara root Android tanpa PC yang bisa kamu coba seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/1/2019).

1. Cara root Android tanpa PC dengan KingoRoot

Aplikasi KingoRoot adalah salah satu aplikasi yang cukup direkomendasikan untuk handphone Android. Langkah pertama ialah download aplikasi KingoRoot di Android kamu, kemudian buka aplikasinya. Setelah muncul halaman utama, klik ‘One Click Root’.

Tunggu hingga prosesnya selesai sampai 100{0071541fe2b3dbabd0011413f5d69bb941f46036a559073cbcb17d1c9e6299fa}. Jika sudah dan berhasil, pada halaman aplikasi akan menemukan aplikasi ‘SuperUser’ dan muncul status ‘Your phone has been root’. Maka proses root-mu sudah berjalan lancar.

2. Cara root Android tanpa PC dengan King Root

Meskipun namanya hampir sama dengan KingoRoot, namun King Root berbeda dengan aplikasi di atas. King Root memungkinkan kamu bisa root handphone Android tanpa PC dalam hitungan detik.

Langkah pertama ialah download aplikasi King Root di Android kamu, kemudian buka aplikasinya, dan klik garis tiga pada bagian kiri atas. Langkah selanjutnya, klik ‘Try Root’ tunggu hingga 100{0071541fe2b3dbabd0011413f5d69bb941f46036a559073cbcb17d1c9e6299fa}, apabila berhasil akan muncul ikon centang.

4 dari 4 halaman

Cara Root Android Tanpa PC

Buat kamu yang belum tahu, ini lho beberapa fakta Google Assistant yang harus kamu tahu. (Ilustrasi: Android Authority)

3. Cara root Android tanpa PC dengan TowelRoot

Aplikasi yang ketiga ialah TowelRoot. Langkah pertama ialah download aplikasi TowelRoot di Android kamu. Pastikan Unknown Source telah kamu Enable. Setelah itu buka aplikasi TowelRoot dan klik ‘make it ra1n’. Kamu bisa mengecek melalui aplikasi Root Checker apakah Android kamu telah berhasil rooting atau gagal karena tidak semua jenis Android kompatibel dengan aplikasi root ini.

4. Cara root Android tanpa PC dengan iRoot

Aplikasi yang keempat ialah iRoot. Langkah pertama ialah download aplikasi iRoot di Android kamu. Jangan lupa untuk Unknown Source sudah kamu Enable. Pastikan internet kamu tetap menyala, karena aplikasi iRoot membutuhkan jaringan internet supaya bisa rooting Android kamu. Buka aplikasi iRoot kemudian klik tombol yang berwarna hijau. Maka proses akan berjalan secara otomatis.

Tunggulah sekitar 5 menit agar proses berjalan dengan lancar. Setelah muncul pemberitahuan Success, restart Android kamu. Maka, proses root menggunakan iRoot telah berhasil kamu lakukan. Kamu bisa mengecek melalui aplikasi Root Checker apakah Android kamu telah berhasil rooting atau gagal.

Uraian di atas adalah cara untuk rooting handphone Android milikmu tanpa harus menggunakan PC yang bisa kamu praktikkan. Amat sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk bagikan artikel ini kepada temanmu yang sedang membutuhkan referensi. Selamat mencoba!

Reporter: Tyas Titi Kinapti

Tags: , , , , , , , ,