Uncategorized

Dolby Besut Aplikasi Perekam Suara untuk Smartphone

Liputan6.com, Jakarta – Dolby dikabarkan menggarap aplikasi perekam suara untuk smartphone. Aplikasi tersebut belum memiliki nama resmi, tetapi sudah diberi kode “234”.

Dilansir Ubergizmo, Kamis (24/1/2019), aplikasi perekam suara Dolby ini digadang-gadang akan sangat berbeda dengan aplikasi perekam suara lain.

Sebab, aplikasi besutan perusahaan pembesut teknologi surround digital sound ini akan mampu mengukur background noise dan meminimalisir saat proses perekaman berlangsung.

Tentu, kualitas rekaman suara yang dihasilkan lebih jernih dan tajam.

Ini artinya, proses perekaman lewat aplikasi Dolby tidak akan sesulit lewat aplikasi lain. Pengguna nanti bisa merekam suara di berbagai lokasi dengan noise tinggi, seperti kipas angin, AC, atau bahkan lalu lintas.

Secara teori, aplikasi Dolby nanti akan menghilangkan noise tersebut dengan cara kerja yang mirip seperti headphone noise-cancelling.

Dolby sendiri belum mengungkap kapan aplikasi ini dirilis. Namun menurut Tech Crunch, aplikasi ini sudah tersedia secara beta dan dapat diunduh dari situs resmi Dolby.

2 dari 2 halaman

Unik, Perangkat Kecil Ini Bisa Rekam Semua Panggilan di iPhone

Perangkat untuk merekam panggilan pada iPhone (Sumber: The Verge)

Pengguna iPhone mungkin mengalami kesulitan saat hendak merekam panggilan melalui perangkatnya.

Sebenarnya, pengguna bisa merekam dengan aplikasi berbayar, tapi perekaman panggilan dengan aplikasi biasa saja bersifat terbatas.

Selain itu, cara lainnya cukup rumit, yakni dengan menggunakan recorder dan merekam suara panggilan yang di-loud speaker.

Kini, pengguna iPhone tak perlu kebingungan saat hendak merekam panggilan, yakni dengan kehadiran perangkat bernama PhotoFast.

Mengutip laman The Verge, Selasa (18/7/2017), PhotoFast merupakan sebuah adaptor perekam panggilan.

Cara menggunakannya cukup mudah, perekam panggilan ini dipasang ke Lightning port di iPhone. Kemudian perangkat bisa merekam semua jenis panggilan, mulai dari panggilan telepon, sambungan Skype, dan berbagai panggilan dari aplikasi chatting. 

Output dari perekam panggilan ini berupa file berformat .m4a dan pengguna pun bisa memilih ruang penyimpanan yang diinginkan, bisa di penyimpanan internal maupun kartu microSD.

Untuk merekam panggilan telepon masuk, pengguna hanya perlu menekan tombol Record pada perekam panggilan. Setelah ditekan, panggilan masuk pun otomatis langsung terekam.

Uniknya, perangkat ini juga dilengkapi dengan jack headphone 3,5mm. Produk ini tersedia dengan harga US$ 125 atau sekitar Rp 1,6 jutaan di marketplace Indiegogo. Sayang, tak jelas apakah perekam ini bisa dikirim hingga ke Indonesia.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Tags: , , , , , , , ,