Uncategorized

Gara-Gara Bug, Apple Matikan Fitur Panggilan Grup FaceTime

Liputan6.com, Jakarta – Baru-baru ini, sebuah bug di aplikasi FaceTime ditemukan. Bug ini membuat para pengguna iPhone menghubungi perangkat lain lewat FaceTime dan mendengar suara perangkat yang dihubunginya.

Padahal, saat itu si penerima panggilan belum menjawab pesan FaceTime mereka.

Laman CNET yang dikutip Tekno Liputan6.com, Rabu (30/1/2019), bug itu memiliki kemampuan untuk mengubah iPhone jenis apapun menjadi sebuah mikrofon tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Bug inipun dianggap sebagai masalah keamanan utama bagi Apple. Laman 9to5Mac juga mengonfirmasi, pihaknya mampu mereplikasi bug untuk melakukan panggilan FaceTime ke Mac.

Pihak CNET pun ikut membuat ulang bug tersebut selama panggilan FaceTime. Dalam percobaannya, setelah memulai panggilan FaceTime dengan pengguna iPhone lain, percobaan dilanjutkan dengan menggeser layar ke atas dan menambahkan nomor telepon pengguna lain dan nomor sendiri ke panggilan.

Rupanya benar saja, saat telepon FaceTime masih memperdengarkan nada dering orang yang dihubungi, penelepon bisa mendengar audio dari nomor telepon penerima, meskipun pembicaraan belum berlangsung.

Tidak hanya itu, jika si penerima panggilan mencoba menolak panggilan dengan menekan tombol Power, kamera justru akan merekam panggilan video. Sehingga video terlihat oleh si penelepon.

2 dari 3 halaman

Nonaktifkan Panggilan Grup FaceTime

Pengunjung mencoba iPhone XS Max saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Dalam pernyataannya, juru bicara Apple mengatakan, “Kami peduli akan masalah ini dan telah mengidentifikasi sebuah cara perbaikan yang akan dirilis melalui pembaruan software, akhir minggu ini.”

Pada Senin malam, halaman status sistem Apple telah diperbarui dan menunjukkan panggilan grup FaceTime telah “dinonaktifkan sementara.”

Masalah ini pertama kali terkuak melalui Twitter, dicuitkan oleh penulis teknologi Andy Baio yang memperingatkan para pengguna iPhone terkait masalah tersebut.

“Saya tidak tahu bagaimana dengan kamu, tetapi saya menonaktifkan FaceTime pada Mac dan iPhone saya hingga masalah ini telah diperbaiki,” katanya melalui Twitter.

3 dari 3 halaman

Pengguna Saling Mengingatkan adanya Bug

Ilustrasi Apple Event Oktober 2018. (Foto: Apple)

Tidak hanya Baio, engineer senior Erica Baker juga memperingatkan hal serupa tentang bug iPhone itu.

“Bug ini juga ada di MacOS, sehingga setiap laptop Mac di banyak tempat bisa menjadi mikrofon,” kata Baker.

Bahkan, pengguna lain menyebut, panggilan FaceTime ke Mac bisa mengeluarkan nada dering jika orang tersebut tidak menjawabnya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Tags: , , , , , , , ,