Uncategorized

Google Mulai Tutup Aplikasi Pesan Hangouts per Oktober

Liputan6.com, Jakarta – Pengguna aplikasi chatting Hangouts harus siap-siap berpisah dengan aplikasi chat milik Google itu.

Pasalnya Google membuat pengumuman dalam unggahan blog-nya. Sebagaimana dikutip Gizmodo, Sabtu (26/1/2019), mulai Oktober ini, Google akan mudah prosedur penutupan aplikasi Hangouts.

Prosedur yang dimaksud adalah penghapusan Classic Hangouts untuk pengguna G Suite agar beralih ke Chat Hangouts dan Hangouts Meet.

Namun demikian, perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, AS itu menyebut, perubahan tersebut tidak segera mempengaruhi pengguna.

Perlu digarisbawahi, dengan pengumuman ini, Google makin mengingatkan umur Hangouts tinggal sebentar lagi.

Penutupan Hangouts merupakan hal yang tidak terelakkan. Pasalnya, laporan 9to5Google pada November lalu menyebut, Hangouts bakal setop beroperasi pada 2020.

Seorang juru bicara Google saat itu mngatakan dirinya, “berkomitmen penuh untuk mendukung pengguna Classic Hangouts hingga semua pengguna telah bermigrasi ke Chat dan Meet.”

2 dari 3 halaman

Transisi Perpindahan Pengguna

Hangouts. (Via: androidpit.com)

Classic Hangouts adalah satu dari serangkaian layanan perpesanan Google. Google juga memiliki layanan pesan Allo, Hangouts Gchat, Google Buzz, Google Wave, dan Google Spaces.

Setelah Hangouts tak lagi beroperasi, Google menyarankan penggunanya untuk berpindah ke Messages dan Duo (untuk pengguna perorangan) dan Hangouts Chat dan Hangouts Meet (untuk tim).

Sebelumnya Ars Technica menyebut, rencana transisi Google untuk pengguna aplikasi pesannya cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, Hangouts Chat dirasa masih kurang baik.

Karena masih ada waktu sampai 2020, bukan tidak mungkin Google menciptakan produk chatting baru bagi penggunanya, baik personal maupun korporat.

3 dari 3 halaman

Ditutup untuk Pengguna Non Bisnis

Hangouts Product Lead Scott Johnston melalui akun Twitter menyebut, Hangouts memang akan ditutup untuk pengguna nonbisnis. 

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Phone Arena, Desember lalu, Google belum menentukan kapan Hangouts akan ditutup.

Namun, Johnston mengatakan, sebelum hal tersebut terjadi, pengguna Hangouts akan dimigrasikan ke aplikasi Hangouts  Chat dan Hangouts Meet.

Hangouts Chat merupakan ruang yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi melalui pesan langsung atau group. Sementara, Hangouts Meet merupakan layanan obrolan video yang memungkinkan konferensi video hingga 50 orang.

“Saat ini Chat dan Meet hanya tersedia untuk akun G Suite, namum sebelum kami memigrasikan konsumen, itu akan berubah,” tuturnya dalam cuitan.

Dalam cuitan terpisah, dia menuliskan, “Migrasi harus bersifat otomatis dan bersifat tak terlihat bagi pengguna akhir.”

Penjelasan tentang Google Hangouts akan ditutup pada 2020 (Foto: Twitter @happyinwater)

Nantinya, ketika migrasi dilakukan, para pengguna Google akan bisa memakai Allo dan Hangouts Chat untuk keperluan perpesanan. Sementara, untuk video call pengguna bisa menggunakan Duo dan Hangouts Meet.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Tags: , , , , , , , ,