Uncategorized

HMD Pernah Garap Tablet dan Smartwatch Nokia

Liputan6.com, Jakarta – HMD Global (HMD) dilaporkan pernah memiliki produk di luar smartphone, yakni tablet dan smartwatch, dengan label Nokia. Namun, kedua varian tersebut tidak sampai meluncur di pasar.

Dilansir Phone Arena, Kamis (24/1/2019), menurut seorang sumber, HMD pernah mengembangkan smartwatch, tapi kemudian memutuskan menghentikannya. Rincian tetang produk tersebut tidak diketahui. Namun, kemungkinan OS yang digunakan adalah Wear OS.

Tablet HMD pun mengalami nasib serupa. HMD disebut menggunakan merek Nokia pada tablet tersebut.

Pihak HMD sendiri tidak pernah menyinggung kedua varian produk tersebut. Sebaliknya, perusahaan beberapa waktu lalu menegaskan saat ini tidak punya rencana mengeksplorasi kategori produk lain karena tengah fokus pada bisnis smartphone.

Salah satu yang tengah dilakukan perusahaan asal Finlandia tersebut yaitu meningkatkan bisnisnya di Amerika Serikat (AS). Selain itu, juga lebih fokus pada flagship terbarunya.

2 dari 2 halaman

Nokia 8.1 Plus Punya Lubang untuk Kamera Depan?

Deretan smartphone Nokia. Liputan6.com/ Andina Librianty

Lebih lanjut, informasi baru tentang smartphone HMD kembali muncul. Beberapa waktu lalu, beredar bocoran tentang desain Nokia 8.1 Plus.

Berdasarkan informasi yang beredar itu, Nokia 8.1 Plus memiliki lubang di sisi kiri atas yang merupakan letak kamera depan. Namun, tidak ada keterangan soal spesifikasi kamera ini.

Kemudian di bagian belakang, terdapat dua kamera dengan optik Zeiss. Tidak ada lima kamera belakang seperti yang disebut akan dimiliki oleh Nokia 9.

Nokia 8.1 Plus juga memiliki sensor sidik jari di bodi bagian belakang. Letak sensor sidik jari ini berada di bawah flash kamera belakang.

Lebih lanjut, kendati mengusung nama “Plus”, tetapi ukuran layarnya tidak jauh berbeda dibandingkan Nokia 8.1. Smartphone ini memiliki layar berukuran 6,22 inci, sedangkan Nokia 8.1 berukuran 6,18 inci.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Tags: , , , , , , , ,