Uncategorized

Kelebihan dan Kekurangan Linux dibanding Windows yang Wajib Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer Unix. Linux merupakan salah satu contoh pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber utama terbuka.

Linux berasal dari nama sang produsen, yang diperkenalkan pada tahun 1991 oleh Linux Torvalds. Utilitas sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU merupakan dasar dari timbulnya gelar alternatif GNU atau Linux.

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung perusahaan-perusahaan komputer terkenal seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystem.

Linux sendiri digunakan sebagai sistem operasi untuk berbagai jenis perangkat keras komputer termasuk komputer desktop, supercomputer, dan embedded sistem seperti buku pembaca elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3, dan Xbox), telepon genggam dan router.

Linux dianggap sebagai sistem operasi yang baik. Sistem operasi Linux ini banyak digunakan oleh hacker, programmer, developer, geeks, dan lain sebagainya. Penggunaan linux memang tumbuh sangat luar biasa dan mampu bersaing dengan sistem operasi populer seperti windows atau OS X.

Sedangkan Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan antarmuka bergrafis. Pada umumnya, sistem operasi ini banyak sekali digunakan oleh masyarakat, baik di kalangan menengah atas hingga menengah ke bawah.

Nah, sama-sama merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk sistem komputer atau laptop, sebenarnya apa yang membedakan antara Linux dan Windows? Kali ini Liputan6.com, akan merangkum apa saja kelebihan dan kekurangan Linux yang digadang lebih baik dari sistem Windows ini, Rabu (23/1/2019).

2 dari 3 halaman

Kelebihan Linux dibanding Windows

1. Gratis

Kelebihan Linux adalah lisensinya yang gratis. Dibanding dengan Windows yang memerlukan kisaran harga sekitar Rp 3 hingga Rp 5 juta untuk satu lisensinya.

Linux merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk sebuah sistem operasi. Kalau Anda menggunakan Linux, Anda terbebas dari yang namanya sistem operasi bajakan, software crack, patch, dan lain sebagainya.

Selain gratis, di Linux Anda bisa memodifikasi OS Linux sesuka hati.

2. Memiliki Keamanan yang Unggul

Linux memiliki pengamanan yang lebih unggul karena memiliki hak akses yang terbatas, maksudnya adalah celah untuk masuk ke sistem Linux sangatlah minim. Seperti contoh ketika ingin menginstal aplikasi saja memerlukan repository online. Meskipun bisa secara offline, tapi sangat jarang sekali orang-orang usil membuat virus di ekstensi aplikasi Linux.

Ini merupakan kelebihan Linux dibanding Windows. Pasalnya, OS Windows keamanannya belum cukup sempurna. Windows seringkali tersusupi virus oleh file berekstensi exe yang didownload secara bebas disebuah website.

3. Kinerja yang Ringan dan Spesifikasi Minimal

Dari segi kinerja dan spesifikasi, kelebihan Linux terbukti ringan dalam kinerjanya (not gaming), dan untuk meng-instal Linux tidak membutuhkan spesifikasi yang besar. Hanya dengan 10GB dan 512MB harddisk Linux sudah dapat diinstal di computer Anda.

4. Banyak Tools Pentest Security

OS Linux didesain untuk menguji keamanan. Kelebihan Linux, semua tools di dalamnya gratis. Banyak tools yang tersedia, baik bawaan maupun yang bisa di download di situs developer distro Linux.

Jadi tidak heran, kalau sistem Linux banyak digunakan oleh para hacker.

5. Tidak Ribet Menginstall Driver

Saat menginstal sistem ini, Anda tidak perlu menginstal driver yang biasa dilakukan saat menginstal Windows. Karena distro Linux kebanyakan sudah kompatibel dengan segala jenis prosesor yang tertanam di komputer atau laptop.

6. Banyak Varian Distro Linux

Kelebihan Linux lainnya adalah memiliki banyak varian distro. Karena sistem ini gratis, banyak sekali developer yang membuat varian Linux seperti Ubuntu, Debian, Linux Mint hingga Kali Linux.

3 dari 3 halaman

Kekurangan Linux dibanding Windows

Meski memiliki sederet kelebihan dibandingkan dengan Windows, Linux tak luput dari kekurangan. Berikut ini kekurangan Linux dibanding Windows.

1. Tidak Direkomedasikan untuk Gaming

Kekurangan Linux dibanding Windows adalah sistem Linux tidak support untuk digunakan bermain game. Jadi buat Anda seorang gamer, tidak dianjurkan untuk menggunakan Linux untuk menginstal dan bermain game. Karena Linux tidak dirancang untuk game. Sistem Windows adalah yang cocok untuk Anda seorang gamer.

2. Rumit untuk Menginstal Aplikasi Microsoft

Saat menggunakan Linux, Anda akan sedikit rumit ketika ingin menginstal aplikasi Microsoft. Ini merupakan kekurangan Linux bagi orang-orang yang terbiasa menggunakan Microsoft. Meskipun Linux sudah menyediakan aplikasi office pengganti yaitu Libre Office, namun tetap saja Microsoft Office sebagai aplikasi mayoritas yang sering digunakan, menjadi enak untuk selalu digunakan.

3. Cukup Sulit bagi Pemula

Bagi pemula atau newbie, menggunakan Linux merupakan suatu hal yang dirasa cukup rumit. Meskipun Linux sudah menyediakan versi GUI (Graphical User Interface), tetapi tetap saja ada beberapa perintah yang diharuskan menggunakan Command Line Interface (CLI). Bagi amatiran yang baru pertama kali, menggunakan Linux akan membuat Anda kebingungan dengan Perintah Dasar Linux. Dan bagi Anda yang tidak mau ribet, Windows menjadi pilihan terbaik untuk kegiatan standar.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Linux dibanding Windows. Sistem operasi mana yang menjadi favoritmu?

Reporter: Nisa Mutia sari

Tags: , , , , , , , ,