Uncategorized

Pernah Hits, 6 Teknologi Ini Diprediksi Hilang dalam Waktu Dekat

Liputan6.com, Jakarta Teknologi telah berkembang dengan kecepatan yang semakin pesat selama beberapa dekade terakhir. Kecepatan perkembangan teknologi memberi dampak penurunan yang jelas pula bagi penemuan-penemuan teknologi terdahulu. Teknologi menjadi cepat tergantikan dengan penemuan yang lebih canggih. 

Beberapa temuan canggih di masa lalu dan pernah hits, saat ini mulai terbuang dan tergantikan dengan yang lebih canggih lagi. Saat ini dengan satu perangkat anda dapat menikmati berbagai teknologi canggih.

Dengan smartphone misalnya, alat ajaib abad ini telah berkembang sedemikian rupa menjadi perangkat yang dapat mempermudah segala aktivitas. Jika dulu anda harus memiliki beberapa perangkat untuk membantu pekerjaan anda, saat ini cukup satu perangkat dan anda telah memperoleh kemudahan dalam hidup.

Yang lebih dekat lagi, coba ambil contoh layanan SMS. SMS adalah teknologi ini diprediksi punah di masa depan. Saat ini banyak ditemukan aplikasi-aplikasi perpesanan berbasis sambungan internet yang lebih murah, mudah, dan efisien.

Masih banyak teknologi lain yang akan tergantikan dengan yang lebih baru.  Berikut beberapa teknologi yang diprediksi akan menghilang dalam waktu dekat yang berhasil liputan6 rangkum Rabu (30/1/19) dari berbagai sumber.

2 dari 7 halaman

1. Perangkat GPS

Ilustrasi (Sumber: Pixabay)

Perangkat ini dianggap revolusioner pada masanya. Namun saat ini perangkat GPS sudah mulai dianggap kuno bagi beberapa orang. Anda harus memperbarui jalan secara manual dan tak dapat mengetahui kondisi lalu lintas pada perangkat ini.

Perangkat ini  diperediksi akan punah karena mulai tergeser oleh ponsel pintar yang dimiliki kebanyakan orang saat ini.

Tak perlu memasang perangkat GPS lagi di mobil anda. Fitur Google Maps pada ponsel telah memberi anda segalanya terkait penunjuk arah. Anda bahkan bisa melihat jalanan di seluruh dunia dengan smartphone anda.

3 dari 7 halaman

2. Kamera Digital

Ilustrasi kamera ponsel (Sumber: Pixabay)

Sebelum hitsnya kamera digital, mungkin anda sempat hidup di jaman kamera SLR atau sebut saja kamera tustel. Kamera ini kemudian tergilas oleh perkembangan jaman dan tergantikan oleh dunia digital.

Dulu mungkin anda sering menggunakan kamera digital untuk merekam momen-momen penting anda. Kamera digital dapat berupa kamera saku sampai kamera DSLR. Teknologi ini diprediksi punah di masa  depan.

Nampaknya kamera semacam ini mulai tergeser dengan fitur-fitur bawaan smartphone. Saat ini banyak smartphone yang memilik kualitas kamera terbaik untuk menunjang kebutuhan dokumentasi anda.  Anda tak perlu lagi membeli perangkat kamera digital untuk mengabadikan momen-momen indah anda.

4 dari 7 halaman

3. Kartu Kredit dan ATM

Jika dahulu uang dalam bentuk fisik digantikan dengan kartu-kartu ini, saat ini kartu debit dan kredit tersebut juga mulai tergeser dengan teknologi baru yang lain. Teknologi ini diprediksi punah di masa depan.

Saat ini anda dapat melakukan transaksi debit maupun kredit hanya dengan smartphone yang anda miliki.

Hampir tiap bank saat ini mengeluarkan aplikasi transaksi yang dapat digunakan di smartphone para nasabahnya.

Bahkan untuk Tarik tunai di mesin ATM anda hanya perlu aplikasi di smartphone anda. Jadi saat ini tak perlu lagi menyimpan banyak kartu di dompet anda. Sekali lagi, anda telah mendapati keajaiban satu perangkat, smartphone.

5 dari 7 halaman

4. Kata Sandi

Kata sandi atau password diprediksi akan punah penggunaannya dalam waktu dekat. Teknologi biometrik seperti sidik jari dinilai lebih aman dan sulit untuk diretas.

Saat ini kebanyakan smartphone juga telah menggunakan teknologi sidik jari untuk mengunci smartphonenya. Tak ada keamanan yang lebih baik dari sidik jari yang anda miliki.

6 dari 7 halaman

5. Mobil dengan Sopir

Ilustrasi menyetir mobil

Saat ini muncul penemuan teknologi mobil yang dapat mengemudi sendiri. Meskipun ada kontroversi besar pada penemuan ini, sepertinya masa depan mobil tanpa pengemudi manusia perlahan tapi pasti akan jadi fakta keseharian.

Mungkin butuh 20 atau 30 tahun untuk mengembangkan penemuan ini. Anda tak perlu lagi mengajari cucu anda untuk mengemudi di masa depan.

7 dari 7 halaman

6. Penyimpanan Data

Alat  penyimpanan data fisik berupa flash disk, CD, atau harddisk akan lenyap di masa mendatang. Teknologi ini mulai tergantikan dengan layanan cloud atau Google Drive yang jauh lebih efisien. Anda tak perlu menyimpan flash disk atau CD yang berbentuk fisik yang akan memakan tempat di laci anda.

Cukup dengan koneksi internet, data sebanyak apapun dapat tersimpan.

Tags: , , , , , , , ,